Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Anak Anda

Anak adalah anugerah terindah bagi kita selaku orang tua, anak yang tumbuh dengan sehat menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tuanya, sebab seorang anak yang masa pertumbuhannya baik sangat berpengaruh pada kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang.

Oleh karena itu kita selaku orang tua sudah sepatutnya memperhatikan tumbuh kembang anak kita dengan mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan masa pertumbuhan si kecil. Sebagaimana dikatakan oleh para pakar kesehatan bahwa seorang anak dikatakan tumbuh jika berat dan tinggi badannya bertambah seiring dengan pertambahan umurnya. Sedangkan seorang anak dikatakan berkembang jika aktivitas fisik dan kognitifnya bertambah seiring dengan pertambahan si kecil.
Adapun tahapan tumbuh kembang anak itu terbagi beberapa tahapan, antara lain:

  1. Bayi baru lahir (newborn baby) dengan usia kisaran 0-1 bulan. Pada tahapan ini si kecil akan memiliki tingkat penambahan berat badan. Pada usia ini, biasanya bayi lebih banyak tidur. Di saat bersamaan, indra pendengaran, perasa, dan penyentuh sudah mulai berkembang. Saat usia menginjak 2 bulan, mereka akan mulai melihat warna dan mengembangkan berbagai suara. Saat itu pula, mereka akan mulai melihat warna dan mengembangkan berbagai suara. Hal tersebut ditunjukkan dengan seringnya berkedip.
  2. Tahapan selanjutnya yaitu bayi dengan usia dikisaran 1-12 bulan. Di usia 12 bulan, berat badannya akan mencapai tiga kali berat badan lahir. Tahapan berikutnya yaitu batita dengan kisaran usia 1-3 tahun. Pada usia 1 tahun, anak akan mulai belajar berjalan secara perlahan dan mulai mengenali apa saja yang ada di sekitarnya. Kontrol motorik sudah mulai berkembang. Hal ini ditandai dengan tertariknya mereka pada hal-hal seni.
  3. Tahapan berikutnya yaitu pra-sekolah dengan kisaran usia 3-6 tahun. Pada tahapan ini anak kita sudah bisa naik sepeda roda tiga. Kosakata semakin meningkat, dibarengi dengan kalimatnya yang semakin terstruktur.
  4. Tahapan selanjutnya yaitu usia sekolah dengan kisaran umur 6-12 tahun. Pada tahapan usia anak ini perkembangan motoriknya semakin meningkat, biasanya mereka sudah punya rasa penyesalan. Ada baiknya jika mereka diperkenalkan dengan rasa tanggung jawab.

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai tumbuh kembang si kecil, pada intinya apabila anak kita pertumbhannya tidak wajar, sebaiknya kita konsultasikan dengan dokter. Semoga bermanfaat dan selamat berbahagia bersama buah hati anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s