Stimulasi Anak Supaya Gemar Membaca

Salah satu ciri anak cerdas adalah anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal itu dapat ditandai dengan sering bertanya hal-hal yang belum dia pahami. Karena keingintahuannya yang tinggi, anak cerdas akan lebih cepat bisa membaca. Apalagi distimulasi dengan baik oleh guru atau ibunya di rumah. Dalam hal ini, yang paling berpengaruh untuk menstimulasi anak di usia balita adalah ibunya.

Karena intensitas dan kualitas pertemuannya jauh lebih banyak dan lebih bagus dibanding gurunya di sekolah. Untuk itu, seorang ibu cerdas sangat dibutuhkan kehadirannya ketika anak mulai tumbuh kembang terutama di masa golden age seperti masa batita (dibawah tiga tahun) dan balia (di bawah lima tahun). Di masa ini, sektar usia lima tahun biasanya anak cerdas sudah dapat mengikuti belajar membaca.

Belajar membaca pada usia balita memang belum boleh diberikan apabila pembelajarannya dengan cara dipaksa. Misalnya anak dipaksa untuk menghafal bunyi huruf alphabet dengan penuh tekanan. Hal itu bukan bisa mencerdaskan, malah merusak otak dan mengganggu perkembangan anak. Pada masa ini, orang tua di rumah atau guru di sekolah hanya boleh menstimulasi anak supaya tertarik untuk membaca. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menstimulasi anak untuk tertarik membaca.

  • Menciptakan lingkungan yang mempermudah melakukan aktivitas membaca. Misalnya saja meyediakan buku-buku di tempat yang mudah dijangkau anak. Dan yang lebih penting adalah anggota keluarga yang lain di rumah harus mencontohkan kebiasaan gemar membaca. Terutama dicontohkan oleh orang tuanya.
  • Sediakanlah buku-buku yang menarik minat baca anak. Misalnya saja buku yang memiliki gambar-gambar menarik, bahannya dari bahan yang agak tebal dan halus sehingga warnanya pun terang dan tidak mudah lecet, juga memiliki ukuran yang tidak terlalu tebal atau besar. Untuk usia di bawah tiga tahun, pilihlah buku bantal yang terbuat dari kain sehingga tidak mudah lecet atau sobek.
  • Dampingi anak ketika membaca dengan cara menanyakan gambar yang dilihatnya,atau menceritakan beberapa gambar yang ada pada buku tersebut, dan mendengarkan anak ketika dia berusaha menceriakan gambar pada buku itu dengan daya majinasinya. Dengan begitu, selain menstimulasi membaca, kosa kata anak pun akan bertambah.

Demikianlah yang dapat ibu upayakan di rumah supaya anak tertarik belajar membaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s