Obat Diare Balita

Balita adalah mahkluk yang paling rentan terhadap segala jenis penyait. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuhnya yang belum sempurna dan masih berkembang. Penyakit yang sering dialami oleh balita adalah demam dan diare. Balita sangat rentan terkena diare, jika balita anda terkena diare anda perlu waspada karena diare adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Obat diare balita banyak ragamnya, namun anda tudak usah panik dan langsung memberinya obat kimia karena akibatnya kurang baik.

Diare sebenarnya bukan penyakit. Namun salah satu sistem pertahanan tubuh saat tubuh dimasuki benda asing seperti kuman ataupun bakteri secara refleks akan mengeluarkannya melalui diare. Sehingga kita tidak perlu terburu – buru memberikan obat, namun harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Obat diare balita yang paling ampuh adalah ASI (Air Susu Ibu), berilah asi sebanyak mungkin saat balita anda mengalami diare. Selain memberi ASI Obat diare balita juga dapat diberikan hal – hal sebagai berikut :

  1. Berilah asupan air yang cukup

Ketika balita kita diare hal yang harus dipastikan terpenuhi adalah cairan, karena yang paling berbahaya saat balita diare adalah kekurangan cairan dalam tubuhnya. Berilah minum sebanyak mungkin agar cairan dalam tubuhnya tetap terjaga.

  1. Beri oralit

Selain air mineral biasa cairan yang diberikan pada balita dapat diganti oleh cairan yang memiliki ion serta mineral yang disebut oralit, anda dapat membuatnya sendiri dengan menanmbahkan gula serta garam pada air yang diminum balita.

  1. Hindari makanan yang berserat tinggi

Jika bayi atau anak kita mengalami diare jangan beri makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur, berilah makanan yang khusus untuk mereka seperti bubur bayi dari nestle yang kaya  karbohidrat dan protein agar diarenya tidak bertambah parah.

  1. Beri suplemen yang mengandung probiotik

Saat balita kita mengalami diare anda dapat memberinya suplemen probiotik yang mengandung bakteri baik untuk membantu kerja bakteri baik di pencernaannya.

Tetaplah waspada jika balita anda mengalami diare, pantau terus perkembangannya jika mulai manunjukan tanda – tanda kekurangan cairan segera hubungi dokter agar diberi cairan tambahan dan Obat diare balita yang tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s