Manfaat Tahu untuk Anak dan Kreasi Olahannya

Para orangtua terutama Ibu yang mengurusi anak – anaknya sedari kecil, memang harus memperkenalkan pada jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi, jenis makanan baru wajib dikenalkan agar anak – anak lebih mengerti menu sehat apa saja yang dapat dikonsumsinya. Salah satu yang harus dikenalkan pada anak – anak termasuk anak usia di bawah 5 tahun adalah tahu, tahukah bunda, tahu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan yang terdapat dari tahu mulai dari protein yang sangat berguna untuk pertumbuhan sel dan jaringan, di mana kekurangan protein pada balita atau anak dapat menghambat pertumbuhannya. Kandungan lainnya yaitu serat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan saluran cerna si kecil selain dari buah – buahan.

Zat besi juga terdapat dalam tahu yaitu setiap 1 buah tahu (100g) mengandung 3.4 mg zat besi, di mana untuk bunda yang memiliki anak usia 6 – 12 bulan dapat memenuhi kebutuhan zat besi dari tahu sekitar 11 mg/hari, jika kekurangan zat gizi ini dalam jangka panjang, maka dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Kalsium juga tidak mesti terdapat di dalam susu, tahu juga memiliki kandungan kalsium, di dalam 100 gram tahu mengandung 223 mg kalsium yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi si kecil. Setelah mengetahui kandungan dan manfaat yang dapat diambil dari tahu, tentu bunda telah memahami bahwa penting sekali untuk memberikan nutrisi penting bagi anak – anak yang sedang dalam pertumbuhan. Tahu merupakan makanan enak, murah dan tidak sulit untuk didapatkan, sehingga bunda dapat mengolah dan memberikannya pada si kecil untuk membantu pertumbuhannya.

Kenalkan tahu pada si kecil sedari Ia masih belum berusia 1 tahun agar menjadi suka dan mau memakannya Karena sudah mengenalnya, nah berikutnya bunda dapat mencoba mengolah tahu untuk anak yang berusia di bawah 1 tahun dengan cara berkreasi melalui menu sehat omelet tahu. Untuk membuatnya sangat mudah dan murah lho, bunda hanya perlu mencampurkan tahu dengan telur, kemudian diaduk hingga keduanya menjadi lembut, lalu dioseng di dalam Teflon yang sudah diberi margarin, tambahkan garam sedikit saja dan omelet tahu siap dikonsumsi sebagai pendamping ASI yang menyehatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s