Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Minggu Dengan Mudah

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri. Saat anda dinyatakan hamil tentunya anda akan sangat bahagia. Kehamilan tersebut bisa diketahui dengan cara cara menggunakan tes kehamilan dan yang paling akurat adalah dengan memeriksanya ke dokter kandungan. Anak adalah anugerah yang terindah yang diberikan oleh sang Maha Pencipta, maka tidak heran jika banyak pasangan yang tak sabar menanti kelahiran anugerah tersebut. namun sebagai ibu yang hamil atau sebagai pasangannya anda tidak hanya harus menanti kelahirannya saja tetapi juga menjaga kehamilan dengan cara yang baik sesuai dengan usia kehamilan. Untuk mengetahui usia kehamilan sangatlah penting agar anda mengatahui berapa usia kehamilan anda sehingga anda bisa memberikan hal yang terbaik untuk perkembangan sang jabang bayi. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu bisa anda bisa anda hitung sendiri dengan mudah.

Dengan mengetahui usia kehamilan maka anda dapat mengetahui perkembangan bayi setiap minggunya, dan hal tersebut sangatlah menyenangkan. Secara umum usia kehamilan terhitung selama 40 minggu atau 280 hari. Hitungan minggu tersebut lebih sering digunakan oleh para medis daripada menggunakan hitungan bulan hal tersebut dikarenakan hitungan minggu lebih akurat terhadap pekembangan janin. Untuk menghitungan usia kehamilan berdasarkan minggu sangatlah mudah yaitu dengan menggunakan rumus naegele.

Untuk bisa menghitung usia kehamilan berdasarkan minggu syaratnya anda harus mengetahui hari pertama haid terakhir atau lebih dikenal dengan singkatan HPHT. Selanjutnya akan dihitung dengan menggunakan rumus naegele. Caranya yaitu HPHT-7 , bulan haid – 3, dan tahun+1 . dengan menggunakan rumus tersebut anda dapat mengetahu hari perkiraan lahir sang bayi atau HPL. Misalnya saja jika HPHT anda pada tanggal 15 mei 2016 maka perhitungannya yaitu: 15-7 =8 (tanggal), 5 (mei)-3 = 2 (februari), 16 + 1= 17. Jadi HPL (hari perkiraan lahir) yaitu tanggal 5 Februari tahun 2017, untuk mengetahui usia kehamilan adalah berdasarkan HPHT jika tanggal 15 mei maka 15 juni adalah bulan pertama dan seterusnya. Itulah cara mengitung usia kehamilan dalam minggu, mudah sekali bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s